tidur-lampu-menyalaa
Gaya Hidup Sehat

Bahaya! Jangan Tidur Dengan Lampu Menyala!

Tidur dengan lampu menyala

Saat malam hari, ada salah satu hormon yang ikut berperan penting dalam menjaga vitalitas tubuh kita. Hormon ini diproduksi oleh kelenjar pineal yang memilki kepekaan terhadap cahaya serta memiliki peran mengatur ‘jadwal’ istirahat malam seseorang. Hormon tersebut adalah melatonin. Sebagaimana dengan kelenjar pineal yang peka cahaya, produksi melatonin tergantung pada jumlah kadar cahaya yang diterima. Berbeda dengan serotonin yang ‘aktif’ di siang hari, melatonin ini justru akan meningkat produksinya pada gelapnya malam hari.  Saat malam hari, apakah Anda tidur dengan lampu menyala?Kita bahas lebih lanjut yuk!

Joan Roberts, seorang biolog mengungkapkan sebuah rahasia yang menguatkan fakta ini. Roberts melakukan percobaan pada hewan yang diberi perlakuan dengan diberi cahaya buatan pada malam hari. Hasil percobaan itu menunjukan kadar melatonin dan sistem kekebalan tubuhnya menurun. Rupanya, cahaya buatan (baik cahaya lampu atau tv) tersebut menyebabkan hormon melatonin sangat kurang bahkan terhenti.

Baca : Bintik Putih Pada Kuku Pertanda Apa??

Bahaya! Jangan Tidur Dengan Lampu Menyala!

Penulis buku ‘Avoiding Cancer One Day At A Time’ seklaigus praktisi kesehatan, Lynne Eldridge M.D, menuliskan bahwa perempuan buta 80 persen lebih kecil terkena risiko kanker payudara dibanding rata-rata perempuan lain. Di duga faktor hormon melatonin yang banyak ditubuhnya karena penglihatan yang gelap membuatnya punya daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Laporan hasil penelitian yang dilakukan oleh Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan pada Juli 2012 menunjukan bahwa tidur dengan lampu menyala bisa menimbulkan perubahan struktur pada otak dan menyebabkan depresi.

Bahaya! Jangan Tidur Dengan Lampu Menyala!

Ohio State University melakukan percobaan terhadap hamster yang terus menerus diberikan lampu pada malam hari. Alhasil, ternyata hamster tersebut menunjukkan tanda-tanda depresi. Kemudian, hamster kembali diberikan perlakuan yang berbeda dengan dibiarkan tidur saat malam hari dalam keadaan gelap gulita. Setelah dua pekan, semua gejala depresi yang dialami hamster tersebut hilang.

Baca : Tips 8 Makanan Sehat Bagi Kamu Yang Sedang Stress/ Depresi

Ini menunjukan pentingnya tidur dengan mematikan lampu. Karena dengan begitu, hormon melatonin dapat diproduksi dengan maksimal.

Bahaya! Jangan Tidur Dengan Lampu Menyala!

Melatonin memiliki peran dalam berbagai proses fisiologis seperti regulasi tekanan darah, sistem kekebalan, retina, reproduksi, juga meningkatkan enzim antioksidan seperti superoksida dismutase, peroksidase, glutathion dan masih banyak lagi yang lainnya.

Maka defisiensi hormon melatonin akan menyebabkan gangguan pada depresi, insomnia, tidur tidak nyenyak, kelelahan, gelisah, katarak, kolesterol, tekanan darah tinggi, gangguan sistem reproduksi seperti siklus haid tidak teratur, sindrom pramenstruasi bahkan dapat memicu kanker.

Baca Juga :

Air Putih Bikin Kurus?! Mitos Atau Fakta?
Kurang Tidur Menghambat Pengambilan Keputusan Dadakan
Cegah Sakit Jantung Dengan Vitamin F