Republikasi post

Bagaimana Cara Bunglon Merubah Warna Tubuhnya?

Perubahan warna bunglon selalu membuat kita penasaran.

Mungkin kita selalu memikirkan betapa keren dan mudahnya bunglon merubah warna kulit mereka dan berkamuflase dengan lingkungan sekitarnya.

Banyak dari kita percaya bahwa bunglon merubah warna tubuhnya untuk berkamuflase menghindar dari serangan predator.

 

Bagaimana Cara Bunglon Merubah Warna Tubuhnya?

Namun, bunglon sebenarnya tidak berganti warna hanya agar terhindar dari predator. Mereka merubah warna tubuhnya untuk beberapa alasan lain yang jarang kita ketahui.

Alasan Sebenarnya Bunglon Berganti Warna

Karena bunglon adalah hewan berdarah dingin maka bunglon berganti warna agar dapat menyesuaikan suhu tubuhnya dengan suhu di lingkungannya.

Bunglon yang sedang bersuhu dingin akan merubah warna kulitnya menjadi hitam untuk menyerap lebih banyak panas.

Sedangkan Bunglon yang sedang bersuhu panas akan merubah warna kulitnya menjadi lebih cerah untuk mengeluarkan panas dari tubuhnya.

Terkadang warna Bunglon juga dapat menunjukkan mood yang dirasakannya.

Saat Bunglon sedang marah, maka dia akan berubah warna menjadi lebih gelap, sedangkan jika Bunglon sedang rileks maka warnanya akan berubah menjadi lebih cerah.

Lalu…

Bagaimana Cara Bunglon Merubah Warna Tubuhnya?

Bunglon memiliki 2 lapisan yang berada di kulitnya, pada bagian paling atas lapisan kulitnya terdapat nanocrystal yang berbeda-beda ukurannya. Bunglon merubah warna tubuhnya dengan merubah ukuran dan bentuk dari nanocrystal ini.

Saat bunglon sedang santai, nanocrystal ini akan berdekatan satu sama lain dan merefleksi gelombang warna yang lebih pendek, seperti biru dan hijau.

Namun, saat bunglon merasa bersemangat, jarak antar nanocrystal menjauh dan merefleksi gelombang warna yang lebih panjang, seperti merah, oren dan kuning.

Artikel ini merupakan republikasi dari artikel Saintif