Gaya Hidup Sehat

Ayo! Hitung Kalori Menu Makanan Idaman Anda!

Kalori menu makanan

Pemenuhan kebutuhan jumlah kalori harian tentu diperlukan bagi Anda yang ingin memiliki tubuh proporsional. Bagi Anda yang ingin menerapkan pola hidup aktif yang sehat, juga perlu memperhatikan kandungan makanan dan kadar kalorinya. Yuk, coba hitung kalori menu makanan kita!

Penting kiranya untuk memastikan bahwa pola makan yang dijalani telah memenuhi kebutuhan gizi Anda, tanpa melampaui jumlah kalori yang dikeluarkan setiap hari. Kalori adalah jumlah energi yang dihasilkan ketika tubuh menggunakan karbohidrat, lemak atau protein yang didapat dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Baca : Tips 8 Makanan Sehat Bagi Kamu Yang Sedang Stress/ Depresi

Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda. Setidaknya, dibedakan menjadi 3 kriteria yakni berdasarkan usia, jenis kelamin dan aktifitas. Jangan samakan kebutuhan asupan kalori orang yang pasif dengan orang yang aktif. Bahkan kebutuhan kalori antara perempuan dengan laki-laki juga tak sama.

Ayo! Hitung Kalori Menu Makanan Idaman Anda!

Kebutuhan kalori wanita rata-rata adalah 2000 kkal/hari. Sementara laki-laki membutuhkan 2500 kkal/hari. Pemenuhan kalori ini bukan hanya akan berdampak pada proporsionalnya berat badan Anda, tapi juga berkaitan erat dengan kesehatan.

Orang yang memiliki kelebihan berat badan atau sering juga sisebut obesitas, rentan terhadap beberapa penyakit dan kesuburan reproduksi. Oleh karena itu, perlu bagi Anda untuk memerhatikan asupan kalori.

Mengelola Jumlah Total Konsumsi Kalori Harian

Jika Anda membeli produk kemasan, baik makanan ataupun minuman, coba perhatikan jumlah kalori dan kandungan yang tertera. Pastikan sesuai dengan kebutuhan harian Anda. Saat menentukan asupan kalori total, periksalah angka porsi saji. Jika minuman mengandung 100 kalori/porsi saji, dan kemasan mengandung tiga porsi saji, mengonsumsi seluruhnya berarti setara dengan 300 kalori.

Sebagai contoh, pada label Informasi Nilai Gizi tertera bahwa susu ukuran 250 ml mengandung 200 kalori. Jika pagi hari Anda mengonsumsi 2 gelas susu ukuran 250 ml, maka Anda telah mengonsumsi 400 kalori. Nah, jika anda perempuan, maka sisa kalori yang anda perlukan selama sehari adalah 1600 kkal.

Ayo! Hitung Kalori Menu Makanan Idaman Anda!

Baca : Apapun Makanannya, Minumnya Jangan Teh Ya!

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan persentase Angka Kecukupan Gizi (%AKG) yang juga tertera dalam kemasan produk. Persen AKG membantu Anda menentukan apakah suatu makanan tergolong tinggi atau rendah kandungan zat-zat gizinya. Menurut U.S. Food & Drug Administration (FDA), makanan atau minuman dengan AKG ≤ 5% berarti rendah, sedangkan ≥ 20% berarti tinggi kandungan zat gizinya.

Memerhatikan dan menghitung asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh memiliki peranan yang penting. Terutama bagi Anda yang ingin tetap aktif dan bertubuh sehat ideal.

Baca Juga :

Benarkah Obesitas Hambat Kesuburan Anda?
Kenali dan Atasi Penyebab Perut Buncit!
Alpukat Bisa Sembuhkan Leukimia?!