Awas Bahaya Laten TBC! Kenali Cara Pencegahan, Gejala Serta Penularannya
Kesehatan

Awas Bahaya Laten TBC! Kenali Cara Pencegahan, Gejala Serta Penularannya

TBC

Tuberkulosis atau TBC merupakan penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia, terutama paru-paru. Namun demikian, TBC juga dapat menyerang organ lain seperti tulang dan otak.

Penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis ini terbilang cukup mematikan dan menular. Hingga WHO memberikan perhatian khusus untuk masalah ini, karena tingkat kematian yang disebabkan oleh TBC terbilang tinggi. Bahkan disebut-sebut, TBC atau yang saat ini lebih familiar disebut TB masih menjadi bahaya laten.

Baca : Ini 4 Bayi dan Balita Yang Mengidap Penyakit Langka

Awas Bahaya Laten TBC! Kenali Cara Pencegahan, Gejala Serta Penularannya

Jika penanganan yang dilakukan tidak serius dapat membuat bakteri penyebab TB menjadi resisten terhadap antibiotik. Untuk TB jenis itu disebut TB MDR (Muti Drug Resistant) yang lebih berbahaya dan membutuhkan penanganan lebih lama.

Mari kenali cara pencegahan, gejala serta cara penularannya.

Pencegahan

Tubuh akan lebih rentan terinfeksi bakteri TB jika daya tahan atau imunitas menurun. Jadi, jaga daya tahan tubuh Anda dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Perlu Anda ketahui, bakteri penyebab TB ternyata akan langsung mati jika terkena sinar matahari. Maka sesekali berjemur di bawah sinar mentari pagi tentu akan membantu Anda mencegah terkena TB. Selain itu, aturlah ventilasi dan sirkulasi udara di rumah agar meminimalisir hadirnya bakteri penyebab TB.

Gejala

  • Mengalami batuk berdahak selama lebih dari dua minggu.
  • Tubuh mengalami demam yang tidak terlalu tinggi.
  • Berkeringat saat malam hari.
  • Mengalami penurunan berat badan.
  • Merasa lesu dan nyeri dada.
Baca : Duduk Terlalu Lama Timbulkan Penyakit Mental?

Jika mengalami gejala seperti yang disebutkan di atas, maka ada baiknya segera periksakan diri Anda. Semakin cepat Anda mengenali gejala TB, maka akan semakin baik dan cepat dalam mengobatinya.

Cara Penularan

Ada kekeliruan ditengah masyarakat tentang bagaimana penyakit TB ini dapat menular. Penyakit TB dapat ditularkan melalui udara yang mengandung droplet atau partikel air kecil yang dihasilkan ketika seseorang batuk atau bersin. Bukan ditularkan melalui jabatan tangan, pakaian kotor atau pemakaian alat makan secara bersama.

Biasakan menutup mulut saat bersin dan tidak meludah disembarang tempat. Meludahlah di kamar mandi lalu jangan lupa disiram. Hal ini akan membantu dalam mencegah terjadinya penularan.

 

 

Infografik :

 

Baca Juga :

Kenali dan Atasi Penyebab Perut Buncit!
Letak Jerawat Anda Adalah Isyarat Posisi Penyakit Pada Tubuh Anda
Ternyata, Warna Darah Haid Bantu Kenali Kondisi Kesehatan Wanita
Banner