Gaya Hidup Sehat

Atasi Rambut Beruban Pada Masa Muda Dengan Biji Pepaya

Atasi Rambut Beruban Pada Masa Muda Dengan Biji Pepaya

Rambut yang sehat dan tetap hitam menjadi dambaan bagi semua orang. Jika menginginkan rambut tetap sehat dan hitam serta berkilau harus didukung dari gaya hidup seseorang, dimana seseorang tersebut bisa menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan berbagai macam hal, salah satunya adalah kesehatan pada rambut yang sekarang banyak sekali diderita oleh anak muda adalah rambut yang beruban.

Rambut beruban pasti menjadi salah satu faktor bahwa seseorang tersebut mengalami penuaan. Uban biasanya muncul pada usia 40 tahun keatas. Secara alamiah, uban akan tumbuh di rambut seiring bertambahnya usia seseorang. Sel pigmen yang terdapat pada folikel rambut akan mati secara perlahan. Apabila sel pigmen tersebut tidak banyak, maka rambut tidak mengandung warna atau rambut berwarna transparan, seperti warna abu-abu atau perak. Semakin usia seseorang bertambah, maka sel pigmen pada folikel rambut akan sedikit memproduksi melanin.

Penyebab Perubahan Warna Rambut

Menurut Gerald Weissmann, MD, Ketua FASEB Journal mengatakan bahwa rambut akan mengalami perubahan warna menjadi abu-abu atau perak disebabkan peroksida yang mengembangkan hidrogen dalam jumlah besar sebagai bentuk akibat dari kurangnya asupan cairan pada folikel rambut. Seiring bertambahnya usia, jumlah peroksida dapat bertambah banyak. Peroksida yang normal dapat mensintesis pigmen alami rambut.

Generasi zaman sekarang, banyak sekali anak muda yang memiliki uban di rambutnya. Faktor yang menyebabkan rambut beruban adalah faktor usia, dimana seseorang tersebut sudah mengalami penuaan. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat juga mempengaruhi tumbuhnya uban pada rambut. Gaya hidup yang tidak sehat yaitu sering mengonsumsi makanan olahan atau makanan cepat saji, merokok, dan minum alkohol dapat menyebabkan tumbuhnya uban di rambut secara cepat. Seseorang yang memiliki uban di rambutnya kurang mengonsumsi vitamin B dan zat besi. Rambut beruban juga dapat disebabkan oleh seseorang yang sering memanjakan rambutnya seperti bleaching, coloring, dan rebonding.

Biji Pepaya untuk Menghilangkan Uban

Banyak usaha yang dilakukan untuk menghindari rambut beruban. Rambut beruban biasanya diatasi dengan cara mencabut rambut uban atau mengecat rambut agar rambut berwarna hitam kembali. Hingga saat ini, belum ada obat yang dapat mengatasi munculnya uban di rambut pada masa muda. Pencegahan munculnya rambut uban hanya diatasi dengan banyak mengonsumsi makanan dengan gizi tinggi. Apabila di rambut banyak ditumbuhi uban, orang-orang akan menutupi uban tersebut dengan cara mewarnai rambut. Akan tetapi, menurut penelitian, ditemukan salah satu bahan alami yang membuat rambut beruban menjadi hitam kembali, yaitu dengan cara memanfaatkan limbah biji pepaya yang didapat dari dalam buah pepaya.

Umumnya, biji pepaya tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga sering kali orang-orang membuang biji pepaya tersebut. Akan tetapi, biji pepaya sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Salah satu kandungan yang terdapat pada biji pepaya adalah glucosida cacarin dan karpain, dimana zat tersebut ampuh dalam proses menghitamkan rambut. Bagi seseorang dan khususnya masih muda yang tidak tahan terhadap kosmetika yang mengandung bahan kimia, dapat memilih biji pepaya sebagai solusi untuk mengitamkan rambut secara alami. Limbah biji pepaya diyakini dapat memberikan warna yang dapat dijadikan sebagai pewarna rambut secara alami tanpa mengandung bahan kimia. Warna dari limbah biji pepaya adalah warna hitam kecoklatan dan secara kimianya dapat dijadikan sebagai pigmen warna rambut yaitu tanin. Oleh karena itu, gunakanlah bahan alami yang lebih ampuh dalam mengatasi rambut beruban yaitu limbah biji pepaya.

Banner