Berita

Apa Efek Pil Kontrasepsi Pria Terhadap Kesehatan ?

Apa Efek Pil Kontrasepsi Pria Terhadap Kesehatan ?

Dimethandrolone undecanoate (DMAU) merupakan pil kontrasepsi baru yang diperuntukan untuk Pria. Pil tersebut mampu mengurangi konsentrasi hormon termasuk testosteron yang diperlukan untuk produksi sperma. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaporkan pada pertemuan tahunan Endocrine Society, dari 83 pria yang menggunakan pil kontrasepsi tersebut mengalami penurunan kadar testosteron yang dramatis, namun tidak satu pun mendapat gangguan kesehatan berarti.

Kontrasepsi hormonal baik pada wanita maupun pria, bekerja dengan cara memanipulasi kadar hormon tertentu sehingga hormon reproduksi dalam tubuh menjadi berkurang. Pada pria, testosteron tambahan mampu menekan pelepasan hormon luteinizing dan hormon perangsang folikel otak, yang mampu menghentikan testis untuk memproduksi testosteron serta sperma. Setelah konsumsi pil tersebut dihentikan, tubuh akan kembali memproduksi hormon reproduksi dan mengembalikan kesuburan.

Bagi Pria. mengkonsumsi dosis tunggal pil kotrasepsi hormonal cenderung tidak efektif. Hal itu disebabkan karena hormon testosteron merupakan hormon yang tidak dapat bertahan lama di dalam darah. Namun demikian, mengkonsumsi pil kontrasepsi hormonal secara berlebihan tersebut dapat merusak hati. Kini DMAU dengan senyawa aktif dimethandrolone di dalam tubuh, hadir mengatasi permasalahan tersebut.

Laki-laki yang mengkonsumsi satu pil tersebut setiap hari selama 28 hari mengalami penurunan hormon luteinizing, hormon perangsang folikel dan testosteron. Mengkonsumsi DMAU dengan dosis itu mampu mencegah perkembangan sperma

Meskipun efektif untuk mencegah perkembangan sperma, Pil tersebut memeiliki beberrapa efek samping. Beberapa efek samping yang mungkin didapat setelah mengkonsumsi pil tersebut yaitu mendapatkan sedikit berat badan dan menurunkan kadar kolesterol “baik” dalam tubuh. Selain itu, kadar testosteron yang rendah dapat menyebabkan hilangnya dorongan dan fungsi seksual.  Namun demikian, hanya delapan pria yang melaporkan memiliki dorongan seks yang rendah saat mengkonsumsi pil tersebut. Hal yang terpenting dari penggunaan pil kontrasepsi tersebut yaitu tes darah menunjukkan bahwa pil tersebut tidak menimbulkan masalah kesehatan pada hati. Artikel Selengkapnya dapat diakses melalui ScienceNews.com.