Antibiotik Umum Ampuh Lawan Infeksi “Superbugs”??
Kesehatan

Antibiotik Umum Ampuh Lawan Infeksi “Superbugs”??

Superbugs

Mungkin sebagian dari anda ada yang bertanya-tanya, apa itu “superbugs”? Seberapa bahayanya superbugs ini? Dan bisa jadi masih banyak pertanyaan lain yang bermunculan dibenak anda.

Superbugs adalah bakteri yang terbilang mematikan karena bakteri ini resisten terhadap antibiotik. Hal ini terjadi karena adanya mutasi evolusi acak alamiah yang dilakukan oleh bakteri akibat pemakaian antibiotik yang tidak tepat. Paska gen resisten dihasilkan, bakteri melakukan konjugasi dengan pertukaran plasmid.

Antibiotik Umum Ampuh Lawan Infeksi Superbugs??

Bakteri yang telah memiliki sifat resisten ini kemudian akan mewariskannya kepada keturunannya. Sifat resistensi inilah yang membuat bakteri sulit dibasmi dengan antibiotik biasa. Karena tidak mempan dengan antibiotik biasa dan yang telah dipakai sebelumnya maka kerap kali bakteri ini menginfeksi penderita dan dapat menyebabkan kematian.

Baca : Telomerase, Enzim Istimewa Untuk Memperpanjang Umur Manusia

Para ahli Amerika di CDC (Centers for Disease Control and Prevention) memperkirakan bahwa setiap tahunnya mencapai 100.000 orang meninggal akibat bakteri superbug di seluruh rumah sakit. Selain itu, sekitar 1.700.000 pasien di rumah sakit terjangkit infeksi yang tidak ada obatnya.

Pada tahun 2007, sembilan atlet dari Iona College, New York terkena Methicillin-resistant Staphylococcus aureus atau MRSA, infeksi yang masuk dalam keluarga stafilokokus ini ternyata sudah termasuk dalam bakteri “superbugs”.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh professor ilmu kesehatan anak dan farkamologi University of California, Victor Nizet, menemukan temuan yang menakjubkan. Nizet menemukan bahwa antibiotik yang umum digunakan untuk mengobati radang tenggorokan dan infeksi telinga ternyata bisa menjadi senjata ampuh melawan “superbugs”.

Azithromycin adalah antibiotik yang dimaksud dan biasa dijual dengan nama Zithromax. Nizet menemukan bahwa azithromycin merangsang tiga superbug,” Pseudomonas aeruginosa, Klebsiella pneumoniae and Acinetobacter baumannii.

Bakteri yang sangat resisten dipenelitian ini masuk ke dalam kelompok gram-negative dimana dinding sel dan strukturnya yang sulit untuk ditembus oleh antibiotik.

Baca Juga :

Temukan Kepribadian Dan Kesehatan Anda Lewat Golongan Darah Anda
7 Manfaat Mengeluarkan Air Mata Untuk Kesehatan
Letak Jerawat Anda Adalah Isyarat Posisi Penyakit Pada Tubuh Anda