Cancer

Anggapan Keliru Tentang Berbagi Alat Makan Dengan Pasien TBC

Berbagi Makanan atau Alat Makan Dengan Pasien TBC

TBC atau tuberkulosis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis atau biasa disebut dengan bakteri TB. Bakteri TB inilah yang menjadi penyebab penyakit TBC, yang menyerang sistem pernapasan manusia terutama paru-paru. Namun demikian, TBC juga dapat menyerang organ lain seperti tulang dan otak.

Penyakit TBC merupakan infeksi penyakit memetikan di dunia sehingga WHO memberikan perhatian khusus bagi penyakit ini. Di Indonesia sendiri TBC merupakan penyakit penyebab kematian nomor satu, hingga banyak sekali mitos dan desas-desus miring terhadap penyakit ini, dari mulai penyakit turunan hingga orang yang mengidap TBC tidak boleh berbagi makanan dan atau alat makan.

Baca jugaObat Batuk dan Pilek yang Dijual Bebas Tidak Boleh Diberikan Kepada Anak di Bawah Usia 6 Tahun

Bagaimana TBC Menular?

Banyak yang beranggapan penularan bakteri TB saat kita berbagi makanan atau alat makan dengan orang yang terinfeksi penyakit TBC dan bahkan banyak yang asumsi yang mengatakan penyakit ini juga turunan.

Penyebaran penyakit ini  memang lebih rentan di antara anggota keluarga, namun tidak ada hubungannya dengan faktor genetik. Penyakit TB menular lewat percikan air liur yang keluar ketika penderita batuk dan bersin.

Sehingga lambat laun Anda bisa tertular penyakit yang sama. Ketika Anda menghabiskan banyak waktu beraktivitas di sekitar pengidap TBC tanpa perlindungan (misalnya masker), itu berpotensi. Bakteri TB dapat bertahan hidup hingga berminggu-minggu, bahkan bulanan, di ruangan berkondisi gelap, lembap, dan dingin. Itulah mengapa TBC juga sering menyebar di lingkup perkantoran atau sekolah.

Baca juga : Awas Bahaya Laten TBC! Kenali Cara Pencegahan, Gejala Serta Penularannya

Menjaga pola dan gaya hidup yang sehat sangatlah mempengaruhi untuk menghindari penyakit ini. karena semua bergantung kondisi tubuh Anda. Fakta lain mengatakan bahwa semua orang pasti pernah terinfeksi TB setidaknya sekali dalam seumur hidup. Akan tetapi, hanya 10% orang yang terinfeksi TB akan menderita TBC.

Anda sering mendengar opini untuk menjauhi pengidap TBC agar tidak ikut tertular, akan tetapi ini bukan alasan untuk mengasingkan para penderita dari lingkungan masyarakat, karena fakta menyebutkan TB tidak menular akibat kontak fisik seperti berpelukan, berbagi makanan dan minuman atau sekedar berbagi alat makan.

Menarik dan bermanfaat. temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSainsdi sini

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu

Sumber : cdc.gov

Baca Juga:

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Turunkan Kolesterol Tubuh dengan Minuman dan Makanan Fungsional 

Editor: Marisa

 

 

Banner