Gaya Hidup Sehat

Ancaman Kesehatan Karena Langsung Tidur Setelah Makan Sahur

Efek Negatif Terhadap Kesehatan Karena Langsung Tidur Setelah Makan.

Waktu sahur ditentukan batasan dalam ajaran islam sampai imsak tiba atau 10 menit sebelum waktu adzan subuh. Kendati demikian banyak dari Anda melakukan sahur sekitaran pukul 2-3 dini hari sehingga memungkinkan Anda untuk tidur kembali sampai subuh.

Sayangnya, kebiasaan ini sangat tidak dianjurkan dalam ilmu kesehatan. Karena tidur setelah makan ini akan berakibat buruk jangka panjang bagi kesehatan. Lalu apa saja akibat buruk yang bisa terjadi? Labsatu akan mengulasnya di bawah ini.

  • Obesitas

Banyak penelitian menunjukan bahwa kebiasaan tidur setelah makan yang dilakukan oleh keluarga gemuk dapat berakibat obesitas hingga dua kali lipat. Pada saat Anda tidur lambung berhenti bekerja sehingga makanan yang masuk ke lambung tidak di cerna dengan baik.

Orang yang Obesitas dan Sangat Kurus Sangat Rentan Terkena Depresi

 

Kalori dalam makanan yang tidak di cerna oleh lambung di simpan menjadi lemak. Kondisi ini makin parah jika makanan yang Anda makan merupakan tinggi karbohidrat dan serba makanan goreng.

  • Heartburn

Heartburn atau asam lambung naik juga akan menjadi efek lain ketika Anda tidur setelah makan. Seperti yang dijelaskan di atas sebelumnya bahwa ketika kita tidur lambung tidak mencerna makanan dengan baik sehingga memungkinkan lambung secara otomatis memperbanyak produksi asam lambung untuk mempercepat prosesnya.

Implan Lemak Bantu Turunkan Obesitas dan Diabetes?

Proses ini juga di picu oleh gaya gravitasi yang akan membuat klep pada lambung menjadi longgar sehingga asam lambung dapat mengalir hingga kerongkongan. Oleh karena itu tidak bagi Anda penderita Maag sangat tidak di anjurkan untuk tidur langsung setelah makan.

  • Refluks Asam Lambung

Kelanjutan dari meningkatnya asam lambung karena tidur setelah makan adalah ancaman Refluks asam lambung atau sering di kenal dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). GERD terjadi karena klep asam lambung tidak bekerja sempurna sehingga memungkinkan asam lambung mengalir hingga kerongkongan dan asam lambung juga melukai kerongkongan.

Banyak efek samping yang di timbulkan diantaranya seperti:  lambung terasa terbakar, Makanan terasa sampai kerongkongan, mulut terasa pahit, sendawa dan perut kembung, mual hingga terjadi muntah.

Baca Juga :

Waspada Dalam Memanaskan Makanan Untuk Sahur

2 Tips Mencegah Maag Saat Berpuasa Supaya Tidak Kambuh


sumber: umm.edu

 

 

Banner