Amankah Menggunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Jerawat ?
Kesehatan

Amankah Menggunakan Pasta Gigi untuk Mengobati Jerawat ?

Pasta Gigi Untuk Mengobati Jerawat

Pada zaman dahulu ketika pengobatan jerawat tidak semaju saat ini, banyak orang menggunakan pasta gigi untuk mengobati jerawat. Bahkan sejumlah orang hingga saat ini masih percaya jika pasta gigi dapat mengobati jerawat. Namun darimanakah ide penggunaan pasti gigi untuk mengibati jerawat ?

Joshua Zeichner. MD, direktur penelitian kosmetik dan kinis di bidang dermatologi di rumah sakit Mount Sinai, New York, Amerika Serikat mengatakan bahwa pasta banyak digunakan sebagai obat rumah untuk mengobati jerawat karena banyak produk pasta gigi yang mengandung triclosan. Triclosan merupakan senyawa antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit.

Namun setelah banyak penelitian dilakukan, triclosan diketahui dapat menyebabkan gangguan hormon. Oleh karena itu, penggunaan triclosan dalam pasta gigi menjadi kontroversial sehingga sejumlah produk pasta gigi sudah tidak mengandung triclosan.

Baca : Vaksin untuk Jerawat Apakah Aman Digunakan ?

Menurut Zeichner, pasta gigi masih tetap digunakan untuk mengobati jerawat dalam keadaan darurat. Hal itu dikarenakan sebagian besar formula pasta gigi mengandung zat pengering seperti baking soda dan alkohol. Zat tersebut kemungkinan dapat mengeringkan jerawat dan mengurangi kemerahan pada jerawat.

Namun demikian, konsentrasi zat aktif tersebut terlalu tinggi karena diformulasikan untuk gigi dan bukan untuk jerawat sehingga kemungkinan kulit menjadi kering atau iritasi. Hal tersebut dpaat menyebabkan reaksi berantai yang dpaat menyebabkan jerawat semakin parah. Menurut Kenneth Howe, MD, dari Wexler Dermatology, kulit yang rentan terkena jerawat apabila terlalu kering dan iritasi akan bereaksi dengan menghasilkan lebih banyak jerawat.

Jika Anda tetap inin menggunakan pasta gigi sebagai pengobatan tradisional jerawat, sebaiknya pilihlah pasta gigi yang tidak mengandung zat pemutih tambahan, obat kumur, atau pewarna tambahan. Hal itu dikarenakan, zat-zat tersebut dapat menyebabkan jerawat Anda tampak lebih merah. Sebaiknya, gunakan obat yang memang diformulasikan untuk mengatasi jerawat.

Sumber : www.womenshealthmag.com

 

Baca Juga :

Apakah Benar Pil Kontrasepsi Dapat Digunakan Untuk Mengobati Jerawat ?

Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Orang dengan Kulit Berjerawat

 Letak Jerawat Anda Adalah Isyarat Posisi Penyakit Pada Tubuh Anda

Banner