Kesehatan

Alternatif Sumber Vitamin yang Anda Butuhkan di Usia Senja

Berikut Vitamin Apa Saja yang Anda Butuhkan di Usia Senja

Menjaga stamina tetap prima di usia senja tentu menjadi impian banyak orang, sehingga sudah menjadi keharusan jika Anda ingin tetap beraktifitas sebagaimana biasanya. Terutama bagi anda yang sudah atau memasuki usia lanjut namun masih masih senang melakukan aktivitas seperti olahraga atau semacamnya. Namun, persiapan menjaga stamina bukan hanya bagi kalangan lanjut usia saja. Bagi Anda yang masih muda pun wajib mengetahuinya.

Ada pepatah “Kamu Adalah Apa Yang Kamu Makan”. Begitulah kiranya pepatah itu menjadi sangat  tepat untuk menggambarkan permasalahan kesehatan yang terjadi. Tentunya jika kita menginginkan kondisi tubuh yang tetap prima maka jaga dan perhatikanlah apa yang kita makan.

Jadi jenis vitamin apa saja sih yang kita butuhkan di usia senja agar tubuh tetap prima dan dapat melakukan aktifitas biasa dengan lancar?

Vitamin B12

Vitamin B12 sangat membantu bagi sel-sel darah dan saraf. Kita bisa mendapatkannya secara alami dari makanan hewani seperti daging, ikan, telur, dan susu.  Kendalanya di usia senja banyak kasus yang membuat seseorang tak dapat mengonsumsinya, ini mungkin berubah seiring pertambahan usia Anda. Sebanyak 30% orang di atas 50 tahun memiliki kondisi yang disebut gastritis atrofi yang membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk menyerapnya jenis makanan tertentu. Namun, Anda masih bisa mendapatkan vitamin ini dari makanan lain  yang mengandung B12, seperti sereal sarapan, pil dan suntikan.

Vitamin D

Tubuh Anda membutuhkannya untuk menyerap kalsium. Yang nantinya untuk membantu mencegah osteoporosis dan Vitamin D juga membantu otot-otot Anda, saraf, dan sistem kekebalan tubuh berfungsi dengan baik, orang mendapat beberapa vitamin D dari sinar matahari baik itu karena olahraga atau sekedar berjemur di pagi hari.

Tetapi tubuh Anda kurang mampu mengubah sinar matahari menjadi vitamin D seiring bertambahnya usia Anda. Dan sulit pula mendapatkan vitamin ini dari makanan, akan tetapi ada satu sumber vitamin D yang mudah untuk di cerna bagi usia senja ya itu ikan berlemak seperti salmon adalah sumber yang baik.

Baca Juga : 8 Rahasia Umur Panjang Orang Jepang 

Vitamin B6

Vitamin B6 berguna untuk menumbuhkan otak pada bayi, namun berguna pula bagi kita yang dewasa dan di usia senja. Tubuh Anda menggunakannya untuk melawan kuman dan menghasilkan energi. Beberapa penelitian menemukan hubungan antara kadar darah B6 yang tinggi pada lansia dan memori yang lebih baik. Kacang arab merupakan sumber B6 yang mudah dan murah. Begitu juga hati dan ikan berlemak.

Baca Juga : Kapsul Obat dari Feses Manusia Efektif untuk Mengobati Infeksi Saluran Pencernaan Akut

Omega-3s

Omega-3s atau Asam lemak ini disebut “esensial” karena tubuh Anda tidak dapat membuatnya. Asam lemak ini penting untuk mata, otak, dan sel sperma Anda. Mereka juga dapat membantu melindungi terhadap penyakit yang berkaitan dengan usia seperti alzheimer, arthritis, dan degenerasi makula, yang dapat menyebabkan kebutaan. Sumber terbaik adalah mendapatkan omega-3 Anda dari makanan seperti ikan berlemak, walnut, minyak canola, atau biji rami.

Menarik dan bermanfaat. temukan lebih banyak Fakta Sains Dari #LabsatuFaktaSains di sini

Dan jika kamu membutuhkan alat Laboratorium dan bahan uji lainnya bisa kamu temukan di Labsatu.com

Logo Labsatu

Baca Juga : 

Mesin Ini Dapat Membaca Pikiran Manusia Secara Audio Visual, Mirip Film Minority Report !


Editor: Marisa


Sumber ; WebMD

Banner