Alat-Alat Laboratorium

8 Alat Keselamatan Kerja Di Laboratorium Kimia Yang Wajib Anda Pakai

Apapun pekerjaannya, pasti ada banyak sekali risiko yang mengikuti setiap yang Anda lakukan tak terkecuali. Termasuk kamu yang bekerja di berbagai jenis laboratorium, mulai dari laboratorium mikrobiologi, genetika, kimia, fisika ataupun fisiologi. Begitu juga untuk kamu para analis kesehatan ataupun yang bekerja di instansi kesehatan. Pokoknya, di laboratorium jenis apapun kamu bekerja pasti mengandung risiko tersendiri.

 

Lab Coat

Berfungsi melindungi badan dari percikan bahan kimia berbahaya. Jenisnya ada dua yaitu jas lab sekali pakai dan jas lab berkali-kali pakai.

Gas Mask

Bahan kimia atau reaksi kimia yang dihasilkan bisa mengeluarkan gas berbahaya. Oleh karena itu, masker gas sangat cocok digunakan oleh Anda sehingga gas berbahaya tersebut tidak terhirup.

Safety Shoes

Sepatu biasa umumnya sudah cukup untuk digunakan sebagai pelindung. Namun, di laboratorium perusahaan besar, sepatu yang digunakan adalah sepatu keselamatan yang tahan api dan tekanan tertentu.

Safety Google

Berfungsi sebagai kaca mata khusus yang tahan terhadap potensi bahaya kimia dan panas. Kaca mata tersebut terbagi menjadi 2 jenis, yaitu clear safety glasses dan clear safety goggles.

Safety Glove

Melindungi tangan Anda dari ceceran larutan kimia yang bisa membuat kulit Anda gatal atau melepuh.

First Aid Kit

Berfungsi sebagai pertolongan pertama (first aid kit) berguna bila terjadi kecelakaan ringan, misalnya tangan tergores oleh suatu benda tajam.

Fire Extinguisher

Alat pemadam api ringan berguna untuk memadamkan api ringan yang terjadi karena kecelakaan kerja atau sumber lain.

Emergency Exit

Pintu ini khusus untuk digunakan untuk keadaan darurat saja dan tidak boleh digunakan untuk keperluan umum. Oleh karena itu, pintu tersebut biasanya didesain untuk tidak bisa dibuka dari luar laboratorium.

Dapatkan alat-alat tersebut hanya di LAB INDONESIA 2020!
📣 : Lab Indonesia 2020
🗓 : 22 – 24 April 2020
📍 : Jakarta Convention Center (JCC) Hall A & B
Kunjungi situs kami di www.lab-indo.com untuk informasi lebih lanjut (link di bio)
#LabIndonesia #LabID #LabIndoExpo #LabIndoExhibition #LaboratoryMarket 


sumber: Instagram : Lab Indonesia Expo 2020

Gelaran Ke-6 Event Lab Indonesia 2020 Akan Berlangsung Di Jakarta

Article written by Elsa Labsatu

SHARE YOUR LIFE SCIENCE

Banner