6 Makanan Yang Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid !
Kesehatan

7 Makanan Yang Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid !

Makanan Yang Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid

Bagi sejumlah orang datangnya haid setiap bulan seringkali terasa menyiksa. Bahkan tidak jarang nyeri haid menganggu kegiatan kita sehari-hari. Lalu bagaimana cara mengatasi nyeri haid agar tidak menganggu kegiatan kita sehari-hari? Berikut sejumlah makanan dan minuman yang dapat dikonsumsi untuk meredakan nyeri haid.

1. Ikan Salmon

Ikan salmon dan ikan laut lainnya kaya akan jenis asam lemak yang dikenal sebagai omega-3. Zat ini membantu mengurangi peradangan yang sangat baik untuk menghilangkan rasa sakit termasuk sakit karena kram menstruasi. Selain sebagai sumber protein yang sehat, salmon juga merupakan sumber vitamin D dan B6. Menurut Everyday Health, Vitamin D membatu tubuh menyerap kalsium sehingga rasa sakit lebih mudah dikendalikan. Lalu vitamin B6 dapat membantu menringankan nyeri pada payudara yang biasanya terjadi saat haid.

2. Sayuran Berwarna Hijau Gelap

Kehilangan darah setiap bulan juga berarti tubuh juga kehilangan zat besi yang dapat menyebabkan perasaan letih dan lesu. Sayuran yang berwarna hijau gelap seperti kangkung dan bayam juga merupakan pembangkit tenaga dan merupakan sumber vitamin dan zat besi.

3. Makanan yang Mengandung Banyak Kalsium

Kalsium dapat membantu mengurangi kramakibat haid. Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, cobalah sumber kalsium non-dairy seperti brokoli atau semua sayuran hijau gelap.

4. Jahe

Jahe dapat digunakan sebagai penenang perut ketika Anda merasa mual. Selain itu jahe juga baik untuk mengatasi gas dan kembung.

Baca : Ternyata, Warna Darah Haid Bantu Kenali Kondisi Kesehatan Wanita

5. Coklat Hitam

Menurut pakar nutrisi Kayleen St. John Coklat hitam atau dark chocolate mengandung magnesium dan serat yang dapat membantu mengatasi nyeri haid. Pilihlah cokelat yang mengandung 85% atau lebih banyak konten kakao untuk mendapatkan hasil terbaik.

6. Selai Kacang

Kacang merupakan sumber magnesium yang baik. Magnesium membantu mengatur kadar  serotonin tubuh. Selain itu, kacang juga dapat membantu meredakan kembung selama haid dengan catatan kacang dionsumsi harus memiliki kadar garam yang rendah.

7. Teh Chamomile

Teh chamomile dan tidak mengandung kafein serta membantu mengurangi kejang otot. Menurut ahli nutrisi dan ahli diet, Joy Bauer the chamomile dapat menenangkan Anda selama haid.

Sumber : www.thisisinsider.com

 

Baca: Apakah Semua Mamalia Menstruasi?

 

 

 

Banner