Gaya Hidup Sehat

6 Tanda Kamu Kekurangan Protein, Waspada!

Protein adalah zat pembangun tubuh dan zat gizi utama. Kata protein berasal dari bahasa Yunani: protos yang berarti paling utama. Protein berperan penting dalam struktur dan fungsi semua sel makhluk hidup dan virus. Jika kamu kekurangan protein, maka akan berakibat buruk pada tubuhmu.

Sebelum membicarakan lebih jauh tentang ciri kalau kamu kekurangan protein ada baiknya kita cari tahu dulu manfaat atau peranan dasar protein. Peranan protein antara lain membantu penyembuhan luka dan cedera, regenerasi sel, menjaga sistem pertahanan dan kekebalan tubuh, mengatur kerja hormon dan enzim, pengendali pertumbuhan serta membentuk jaringan pada tubuh.

6 Tanda Tubuhmu Kekurangan Protein:

1. Swelling atau Pembengkakan

Tanda paling umum yang akan sering kamu jumpai terhadap orang yang kekurangan protein adalah terjadinya pembengkakan atau Adema.

Pembengkakan biasa terjadi di bagian perut, kaki dan tangan. Pembengkakkan ini terjadi karena sirkulasi protein dalam darah dimana peranan albumin berfungsi untuk mengatur tekanan pembuluh darah agar cairan yang terdapat dalam pembuluh darah tidak bocor ke jaringan tubuh sekitarnya dan tidak menumpuk tersendat. Akan tetapi ada banyak faktor penyebab Adema dan lebih baik kamu segera konsultasi pada dokter yaa..

2. Mood swing

Otak manusia menggunakan bahan kimia yang disebut neurotransmiter untuk menyampaikan informasi antar sel. Banyak dari neurotransmitter ini terbuat dari asam amino, yang merupakan blok pembangun protein. Jadi kekurangan protein dalam diet kamu bisa berarti tubuhmu tidak dapat membuat cukup banyak neurotransmitter, sehingga dapat mengubah cara kerja otak. Dengan kadar dopamin dan serotonin yang rendah hingga berakibat mungkin merasa depresi atau terlalu agresif.

3. Masalah pada Rambut, Kuku, dan Kulit

Rambut, kuku, dan kulit terdiri dari protein seperti elastin, kolagen, dan keratin. Ketika tubuh tidak bisa membuatnya karena kekurangan protein, Maka kamu bisa memiliki rambut yang rapuh atau menipis, kulit kering dan bersisik, serta serta terdapat punggungan pada kuku jarimu.

Baca Juga: Protein Urin’ untuk Identifikasi Kanker Pankreas

4. Cepat Lelah dan Lemah

Kurangnya massa otot dalam tubuh itu menyebabkan anda merasa cepat lelah dan lemah, juga hilangnya keseimbangan dalam tubuh. Hilangnya keseimbangan juga berpengaruh pada lambatnya metabolisme pada tubuh kita.

Dan penelitian menunjukkan bahwa hanya seminggu tidak mengonsumsi cukup protein dapat mempengaruhi otot-otot yang bertanggung jawab atas postur dan gerakan pada tubuh.

5. Lambatnya Penyembuhan pada Luka

Sebagai zat pembangun tubuh, salah satu fungsi penting protein juga berperan untuk menyembuhkan luka dan membantu regenerasi sel. Jika penyembuhan luka memakan waktu yang lebih lama, bisa jadi pertanda defisiensi protein dalam tubuh kamu.

Baca Juga ; 5 Hal Menakutkan yang Terjadi Saat Anda Melakukan Diet Tinggi Protein

6. Lemahnya sistem kekebalan tubuh

Fungsi penting lainnya dari protein yang sering terlupakan adalah menjaga sistem kekebalan tubuh dengan membentuk antibodi. Kalau rentan sakit, terkena flu atau infeksi lainnya, sangat mungkin dikarenakan rendahnya protein dalam tubuh kita.


Mau cek uji lab produk Anda? Kunjungi LABID LabSatu

Dan dapatkan penawaran harga terbaik untuk setiap pembelian alat dan bahan laboratorium di Labsatu.com

Logo Labsatu


Sumber: webmd



Baca Juga :

Efek Dari Meniadakan Sumber Karbohidrat Dalam Menu Makananmu

Turunkan Kolesterol Tubuh dengan Minuman dan Makanan Fungsional 


Editor : Marisa

Banner