Obat warna biru
Kesehatan

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Obat yang harus dibawa saat perjalanan jauh

Tidak ada yang tahu pasti, bagaimana kondisi saat perjalanan jauh nanti. Bukan tidak mungkin Kamu akan menemui hal yang tidak diharapkan. Seperti terluka atau sakit. Oleh karena itulah, Kamu harus prepare untuk mengatasi kejadian insidental ini. Salah satunya adalah dengan menyiapkan obat-obatan. Agar dapat mengurangi sakit yang diderita sehingga tidak mengganggu perjalananmu. Setidaknya, ada 6 obat yang harus dibawa saat perjalanan jauh.

1. Obat Antimabuk

Apapun kendaraan yang Kamu tumpangi, pasti akan menemui berbagai hal yang dapat memicu mabuk perjalanan. Kendaraan darat dengan macet dan jalanan berkeloknya, transportasi laut dengan guncangan ombaknya dan pesawat dengan turbulensinya.

Baca : Logo Pada Kemasan Obat

Ditambah lagi, jika Kamu memang termasuk orang yang sulit beradaptasi dengan kendaraan alias mudah mabuk. Maka, membawa obat antimabuk adalah suatu keharusan kalau ingin perjalanan jauhmu terasa nyaman.

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Mempersiapkan obat antimabuk sama artinya dengan mempersiapkan perjalanan yang menyenangkan. Atau Kamu bisa siasati dengan mengonsumsi sesuatu yang bisa mengurangi rasa mabuk.

2. Obat Masuk Angin

Perjalanan jauh sering kali membuat Kamu merasa mual, ingin muntah dan kepala pusing. Padahal Kamu bukan tipe orang yang mudah mabuk perjalanan. Nah, bisa jadi, hal ini karena Kamu masuk angin. Apalagi jika Kamu berpergian jauh dengan menggunakan kendaraan yang terpapar oleh angin selama perjalanan. Ditambah perut kosong karena telat makan. Waduh, klop deh!

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh3. Obat Sakit Perut

Obat sakit perut bisa berupa obat sakit maag (lambung) maupun obat diare. Intinya obat yang berkaitan dengan pencernaan.

Tentunya sakit perut karena diare saat diperjalanan akan sangat membuat Kamu tidak nyaman. Harus mencari toilet terdekat setiap beberapa periode sekali. Sungguh merepotkan. Untuk itulah, perlu kiranya kamu membawa obat sakit perut.

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Begitu juga dengan yang memiliki masalah dengan lambung. Tentu akan tidak nyaman saat menikmati indahnya pemandangan selama perjalanan tiba-tiba harus terganggu karena sakit maag-nya kumat.

4. Obat Luka

Terluka hingga mengeluarkan darah merupakan insiden yang jarang terjadi, tapi bukan tidak mungkin. Apalagi di musim liburan yang padat kendaraan. Bisa jadi, memang bukan Kamu yang mengalami luka tapi teman seperjalanan. Tentu mempersiapkan obat luka sangat bermanfaat bukan?

Fungsi obat luka di sini lebih ke arah antiseptik, yaitu membersihkan luka dari aneka kuman. Kamu bisa membawa rivanol sebagai pilihan obat luka selain betadine.

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Tapi ingat, jangan gunakan alkohol ya! Karena alkohol tidak hanya akan menjadi antiseptik tapi sekaligus akan merusak sel atau jaringan sekitarnya. Hal ini malah akan menyebabkan penyembuhan luka yang Kamu alami jadi lebih lama.

5. Obat gosok

Obat yang satu ini rasanya bukan hanya perlu dibawa saat perjalanan jauh saja. Pasalnya, obat ini sangat praktis dan penggunaannya sebagai obat luar bukan obat dalam. Jadi tidak menimbulkan efek samping seperti menyebabkan kantuk.

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Baca : Obat Kanker Menggunakan Bumbu Dapur?

Obat gosok dapat membantu Kamu ketika sakit perut, sakit kepala atau gatal karena digigit serangga. Tinggal dioleskan, langsung terasa hangat dikulit. Bahkan, obat gosok ini bisa juga dijadikan alternatif untuk pengganti obat masuk angin, contohnya minyak kayu putih. Caranya tinggal Kamu campur beberapa tetes obat gosok tersebut dengan air putih, aduk kemudian minum.

6. Obat Sakit Kepala

Sakit kepala apalagi migren adalah hal yang sering dialami oleh sebagian orang yang menempuh perjalanan jauh. Namun, kalau Kamu tidak dalam kondisi menyetir kendaraan, mencoba tidur sejenak mungkin bisa membantu mengurangi sakit kepala. Pijatan ringan di kepala dengan menggunakan obat gosok juga dapat membantu meringankan sakitnya.

6 Obat Yang Harus Dibawa Saat Perjalanan Jauh

Itu dia 6 obat yang harus dibawa saat perjalanan jauh. Tapi inget ya.. Obat-obatan ini mengandung efek samping terutama dapat menyebabkan kantuk. Untuk Kamu yang mengemudikan kendaraan, sebaiknya hindari mengonsumsi obat atau pilih obat yang tidak menyebabkan kantuk.

 

Baca Juga :

Jamur Sebagai Obat Kanker Yang Ampuh
Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Transplantasi Organ
Jaga Hatimu Dengan 5 Makanan yang Baik Untuk Kesehatan Ini