5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Sains

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Peran kimia

Kimia adalah ilmu yang mempelajari komposisi, struktur, sifat-sifat materi, perubahan suatu materi menjadi materi lain yang disebabkan interaksi dengan benda lain atau reaksi kimia. Dalam reaksi kimia, ikatan antara atom akan dipecah dan membentuk substansi baru dengan karakteristik yang berbeda. Peran kimia sangat penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kita akan melihat begitu banyak penggunaan bahan kimia dalam kehidupan. Kita akan menemukan bahan kimia dalam rumah tangga seperti deterjen atau sabun yang kita pakai, makanan yang kita makan bahkan ada dalam emosi kita.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baca : Alat Gelas Kimia dan Fungsinya di Laboratorium

Tidak mungkin kita menafikan peranan kimia dalam kehidupan sehari-hari. Ini 5 peran kimia dalam kehidupan yang LabSatu rangkumkan khusus untuk anda.

Senyawa Kimia Cinta

Anda pernah jatuh cinta? Ketika jatuh cinta, otak akan menstimulus senyawa kimia tertentu dan membuat anda mengalami beberapa perubahan. Oleh karena itu, saat jatuh cinta anda akan merasakan jantung berdebar, tersipu-sipu, malu, merasa tentram dan masih banyak reaksi perubahan lainnya yang dialami tubuh.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Semua reaksi ini didorong oleh senyawa kimia cinta seperti senyawa phenyletilamine (2-fenietilamina), dopamin (3-hidroksitiraminihidrogenklorida atau 3,4-dihidroksiphenetilamin) , nenopinephrine, endorfin, dan oksitosin. Seluruh senyawa kimia cinta ini diinisiasi oleh hormon feromon sehingga meransang hipotalamus untuk membentuk senyawa-senyawa cinta tersebut.

Lihat betapa pentingnya peranan kimia dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjalin hubungan cinta kasih antara sesama makhluk hidup.

Bahan Kimia dalam Tabir Surya

Tabir surya merupakan salah satu penggunaan bahan kimia dalam kehidupan. Untuk anda yang aktif dan sering beraktifitas di bawah sinar matahari pasti tidak asing dengan penggunaan tabir surya.

Tabir surya dibuat dengan menggabungkan bahan kimia organik dan anorganik. Penggabungan bahan kimia ini akan menyaring cahaya matahari sehingga tidak mencapai lapisan terdalam kulit anda. Dalam tabir surya terdapat partikel yang bersifat reflektif. Biasanya partikel reflektif ini terdiri dari zinc oxide atau titanium oksida.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Kimiawi Kopi Membuat Terjaga

Ingin terjaga selama penelitian di laboratorium atau aktifitas di tempat kerja? Kopi adalah salah satu solusinya. Dalam kopi terdapat kandungan senyawa kimiawi yang membantu anda terjaga. Senyawa kimiawi itu disebut dengan adenosine. Senyawa kimia yang satu ini berperan dalam mengikat reseptor tertentu dan memperlambat aktivitas sinyal sel saraf yang berkaitan dengan tidur.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

Warna-Warni Buah dan Sayuran

Peran kimia juga ada dalam makanan yang kita makan, terutama pada buah dan sayuran. Aneka buah dan sayuran memiliki warna yang variatif karena mengandung jenis khusus dari senyawa kimiawi bernama carotenoid.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Baca : Khasiat Buah Delima Yang Diminta Raja Salman Saat Di Bali

Dalam karotenoid terdapat kromofor yang dapat menyerap dan melepaskan panjang gelombang tertentu sehingga akan menghasilkan warna yang ditangkap oleh indera pengelihatan kita. Kromofor merupakan senyawa organik yang memiliki ikatan rangkap dan sensitif terhadap cahaya.

Mengapa Anda Menangis Saat Mengiris Bawang?

Bahan kimia yang terkandung dalam bawang ini akan membuat anda menangis saat memotong atau mengiris bawang. Tahukah anda bahan kimia apakah itu? Tepat. Sulfur yang terkandung di sel-sel bawang akan pecah ketika bawang dipotong. Kemudian, sulfur akan bercampur dengan air dan menyebabkan mata anda teriritasi. Oleh sebab itulah anda mengeluarkan air mata.

5 Peran Kimia Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Itulah 5 peran kimia yang ada dalam kehidupan dan bermanfaat dalam keseharian. Bahan kimia tidak selalu berhubungan dengan bahaya atau sesuatu yang menakutkan, bukan?

 

Baca Juga :

Bahan Kimia Berbahaya di Laboratorium dan Dampaknya Bagi Kesehatan
Alpukat Bisa Sembuhkan Leukimia?!
5 Bahan Kimia Rumah Tangga Yang Berbahaya Bagi Kesehatan
Banner