Gaya Hidup Sehat

5 Alasan Mengapa Kita Merasa Ngantuk Seharian, Ganguan tidur

Alasan Mengapa Kita Merasa Nagntuk Seharian, Ganguan tidur

Mengantuk pada siang hari merupakan  kondisi normal yang sering terjadi pada setiap orang, terutama orang yang mengalami kurang tidur pada malam hari baik karena ada hal yang harus di kerjakan atau memang seseorang mengalami gangguan tidur yang sering di istilahkan insomnia.

Beda cerita bagi beberapa orang, yang merasakan rasa kantuk yang  dialami ini tergolong di luar kendali meskipun mereka sudah istirahat yang cukup pada malam harinya. Sehingga tak jarang dari mereka mengeluhkan rasa kantuknya yang membuat aktivitas sehari-hari mereka tak berjalan lancar.

Perihal ini, jika terjadi terhadap anda maka anda haruslah mewaspadai karena bisa jadi merupakan masalah kesehatan tertentu yang tentunya kebanyakan orang tidak mengetahuinya.

1. Sleep apnea

Sleep apnea atau lebih familiar di sebut Obstructive sleep apnea (OSA) merupakan suatau ganguan tidur yang membuat seseorang sering berhenti bernapas dalam tidurnya, kondisi itu bahkan berlangsung beberapa kali bahkan ratusan kali ketika seseorang tidur.  Gangguan tidur ini paling lumrah terjadi bagi banyak orang dewasa di dunia. Sleep apnea mengakibatkan jeda atau tersedak pada pernapasan juga diikuti oleh suara dengkuran.

Seseorang yang mengalami sleep apnea bahkan mengalami kesadaran yang singkat saat mereka menghirup udara. Mereka bisa saja terbangun atau bergeser-geser sebentar bahkan bisa mungkin bangun sepenuhnya dan jatuh tertidur lagi tanpa mengingatnya.

Sehingga gangguan ini mengarah pada fragmentasi tidur dan kualitas tidur yang buruk, yang mengakibatkan kantuk di siang hari yang berlebihan secara signifikan. Orang dengan sleep apnea yang parah juga berisiko tinggi untuk tertidur saat mengemudi, maka berhati-hatilah bagi anda yang sering mengalami kondisi seperti ini.

Baca ; Orang Yang Sering Tidur Lebih Larut Biasanya Lebih Cerdas

2. Narkolepsi

Narkolepsi sendiri merupakan suatu gangguan tidur yang patut di perhitungkan pasalanya gangguan tidur ini terbilang kronis. Ganguna  terjadi dimana kelainan pada saraf yang menyebabkan seseorang tidak mampu untuk mengontrol siklus tidur dan atau siklus bangun.

Narkolepsi juga membuat seseorang kesulitan untuk menahan rasa kantuknya mereka bisa saja tidur seketika pulas dimanapun dan kapanpun walau mereka sedang melakukan aktivitas.

Sampai saat ini penyebab pasti narkolepsi masih belum diketahui. Namun seperti yang dikutip dari  para ilmuwan menyakini bahwa narkolepsi dapat disebabkan karena kekurangan senyawa hypocretin (atau disebut juga orexin) dalam otak. yang senyawa andalan  yang mengatur kesadaran ketika anda siaga serta keadaan REM saat Anda tertidur.

Meskipun belum ada penjelasan secara ilmiah mengapa produksi hypocretin pada otak bisa berkurang, para peneliti menduga adanya hubungan antara hal tersebut dengan masalah autoimun,

3. Chronic Fatigue Syndrome

tidur-lampu-menyalaa

Chronic Fatigue Syndrome atau Sindrom kelelahan kronis merupakan kondisi dimana membuat seseorang merasa lelah, sangat lelah, atau mengantuk. Hal ini ditandai dengan kelelahan yang amat sangat yang terjadi setelah pengerahan tenaga. Hal ini juga terkait dengan kurang tidur yang menyegarkan dan seringnya nyeri sendi dan otot.

Meskipun penyebab Chronic Fatigue Syndrome tidak sepenuhnya dipahami dan mungkin karena apnea tidur yang halus, dapat menyebabkan gangguan signifikan dan gangguan pada kehidupan orang yang terkena.

4. Restless legs syndrome 

Restless legs syndrome (RLS) merupakan kelainan saraf yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengontrol pergerakan kakinya, kaki tidak nyaman, pegal hingga kesemutan  ataupun rasa sakit yang tidak jelas sebabnya. Perasaan tidak nyaman ini juga dapat dirasakan pada lengan dan bagian tubuh lainnya dan memungkinkan seseorang terganggu dalam istirahatnya di malam hari.

Baca juga: 10 Tips Untuk Tetap Sehat Saat Musim Hujan

karena biasanya Syndrome ini terjadi pada malam hari di waktu tidur atau saat seseorang siap-siap untuk tidur. banyak Peneliti mengutarakan bahwa kondisi ini kemungkinan zat kimia yang tidak seimbang yang kemudian di tolak oleh otak yaitu dopamin yang fungsikan pergerakan otot. dan sebaiknya anda harus mengkonsultasikan ini pada dokter untuk penanganan lebih lanjut.

5. Poor Sleep Habits

Poor Sleep Habits atau kebiasaan tidur yang  buruk ini adalah penyebab paling umum dari selalu merasa terlalu mengantuk atau mengantuk di siang hari yang paling jelas dan masuk akal: Anda tidak cukup tidur di malam hari. entah itu karena kebiasaan bermain game terlalu larut atau ada pekerjaan yang tak bisa di tinggalkan.

Sementara itu kita harus pandai dalam memebagi waktu karena fakta mengatakan bahwa tubuh kita memeliki jadwal piket dalam tubuh. Dengan mengetahui jadwal piket dalam tubuh, semoga akan membuat kita lebih memperhatikan kerja organ tubuh agar lebih maksimal. Agar dapat menyesuaikan kapan asupan makanan, minuman, vitamin maupun pengobatan baiknya masuk dan saat bagian organ apa yang bekerja.

Baca Juga ; 12 Jadwal Piket Dalam Tubuh Kita


Artikel Lengkapnya : www.verywellhealth.com


jika anda membutuhkan Alat atau bahan Lab bisa kunjungi Labsatu.com dan dapatkan penawaran yang terbaik untuk setiap pembelian Alat Laboratorium.

Banner