4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa
Serba-Serbi

4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Makanan paling manjur atasi bau mulut

Haliosis atau yang lebih sering dikenal dengan bau mulut kerap membuat kita kurang percaya diri saat berinteraksi. Bau mulut timbul karena aktifitas bakteri dalam rongga mulut. Dalam kondisi tidak berpuasa, bau mulut akan diminimalisir oleh produksi air liur yang mncapai 1-1.5 liter. Air liur akan membawa bakteri masuk ke kerongkongan lalu membawanya ke pencernaan. Makanan yang kita makan juga harus makanan yang baik untuk pencernaan. Dibawah akan dijelaskan tentang makanan paling manjur atasi bau mulut. Kita simak dulu penjelasannya.

Berbeda halnya saat berpuasa, produksi air liur dalam rongga mulut semakin berkurang sehingga bakteri akan lebih lama mendekam dalam mulut. Hal ini tentu akan menyebabkan bau mulut meningkat. Selain itu, saat berpuasa, asam lambung dan kondisi keasaman rongga mulut makin tinggi sehingga meningkatkan jumlah bakteri.

Baca : Awas! Jangan Berbuka Puasa Dengan Yang Manis!

Oleh karena itu, kamu butuh tips sederhana yang begitu mudah dipraktekan agar puasa berjalan lebih nyaman.

Berikut tips paling manjur yang bisa langsung kamu praktekan di rumah!

1. Mengkonsumsi Yoghurt

4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Makan yoghurt setiap hari dapat membasmi bau mulut, karena yogurt dapat membunuh bakteri. Yoghurt mengandung probiotik yang menjaga lambung dan mengisi sistem pencernaan. Tapi sebaiknya, pilih yoghurt yang tidak mengandung gula dan rasa (plain yoghurt).

2. Makan Timun Rebus

4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Menurut Prof Heriandi Sutadi, drg, SpKgA (K), PhD, spesialis kedokteran gigi anak mengatakan bahwa timun rebus mampu mendinginkan perut sehingga asam lambung tidak naik. Hal ini bisa meminimalisir bau mulut. Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk kita coba di rumahkan?? Coba yuk!

 

3. Jeruk Nipis

4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Baca : 3 Manfaat Tersembunyi Dibalik Makan Buah Saat Puasa

Selain karena aktifitas bakteri dalam rongga mulut, bau mulut juga dapat terjadi karena cairan empedu berlebih. Nah, untuk kamu yang punya masalah seperti ini bisa mengkonsumsi makanan yang mengadung vitamin C. Salah satu contohnya adalah jeruk nipis yang kaya akan vitamin C. Menurut Tjok Gde Kerthyasa, pakar homeopati, vitamin C dapat menyeimbangkan fungsi liver dan empedu.

4. Daun Kemangi

4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Orang dulu percaya bahwa apa yang dimakan akan mampu menimbulkan efek pada kondisi bau mulut dan keringat. Nah, kamu juga bisa mencoba makan daun kemangi yang memang daun tercium wangi. Hal ini karena daun kemangi mempunyai efek aromatik.

Demikian 4 makanan paling manjur untuk atasi bau mulut saat puasa, mudah didapat dan murah yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bau mulut selama berpuasa. Selamat mencoba! Selamat berpuasa!

 

Infografis :

4 Makanan Paling Manjur Atasi Bau Mulut Saat Puasa

Baca Juga :

Punya Masalah Gigi Sensitif? Hewan Laut Ini Solusinya!
10 Alasan Kenapa Kamu Harus Minum Air Lemon Setiap Pagi
Ungkapkan Hal Spesial Dengan Seni Lukis Mikroba