Serba-Serbi

31 Juli Blue Moon Langka Sambangi Bumi

Bersiaplah dipenghujung bulan ini. Kamu akan menyaksikan blue moon yang terbilang langka.

Blue moon langka ini hanya sambangi bumi dalam rentang 2,7 tahun sekali. Untuk tahun 2015, Kamu dan jutaan warga dunia berkesempatan melihat fenomena ini pada penghujung Juli, tepatnya tanggal 31 nanti.

Hampir setiap tahun, bumi mengalami 12 bulan purnama, satu disetiap bulan. Tapi ada beberapa tahun seperti tahun ini, 2015, memiliki 13 bulan purnama. Jadi ada satu bulan yang mendapati dua purnama dan mendapat julukan blue moon.

Artikel Pilihan: Jamur Sebagai Alternatif Pengganti Pemutih Klorin Pada Pembalut

Selama tahun 2015, purnama sudah terjadi pada 5 Januari, 3 Februari, 5 Maret, 4 April, 4 Mei, 2 Juni, 29 Agustus, 28 September, 27 Oktober, 25 November, 25 Desember dan khusus untuk bulan Juli, purnama muncul pada tanggal 2 dan 31. Sedangkan di awal tahun 2016, bulan purnama akan muncul pertama kali pada 23 Januari.

Meskipun mendapat julukan blue moon, namun jangan harap akan melihat bulan purnama berwarna biru walaupun mungkin Kamu bisa mendapati warna tersebut. Tapi besar kemungkinan Kamu akan tetap melihat warna bulan seperti biasa. Mengapa demikian?

Hal ini hanya sebuah penamaan saja karena keunikan dari bulan tersebut. Blue moon tetap akan terlihat berwarna sebagaimana biasanya, kuning atau orange.

Seperti dilansir dari Space.com, pada tahun 1946, majalah Sky & Telescope menerbitkan sebuah artikel yang mendefinisikan Blue Moon sebagai bulan purnama kedua dalam satu bulan kalender. Definisi ini lebih bisa diterima oleh mayoritas.

Bulan purnama ini akan muncul dan bertahan sepanjang malam, tapi secara teknis, fenomena ini adalah sebuah acara seketika.Hal ini terjadi ketika matahari, bumi dan bulan jatuh dekat garis lurus.

Sumber utama: Space.com