28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)
Sains

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan unik

Di dunia ini ada banyak hal-hal unik yang diciptakan Sang Maha Pencipta termasuk keindahan berbagai macam tumbuhan. Ada banyak tumbuhan unik yang ada di dunia ini yang harus kita ketahui. Tumbuhan tersebut ada yang langka, mempunyai bentuk yang unik, bahkan ada tumbuhan karnivora lho. Apa aja sih tumbuhan unik yang ada di alam semesta ini?

1.Actaea pachypoda

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Buah tumbuhan ini seperti bola mata kecil karena bentuknya yang bulat putih dan ada bulatan kecil di tengahnya menyerupai pupil mata. Tumbuhan ini mempunyai batang kecil berwarna merah. Actaea pachypoda termasuk tumbuhan yang sangat beracun dan berbahaya.

2.Amorphophallus titanum

Nah, tumbuhan satu ini ada di Indonesia lho. Amorphophallus titanum atau yang biasa disebut bunga bakai ini sering salah disebut sebagai bunga Rafflesia arnoldii. Bunga ini mempunyai ukuran yang besar dan tinggi. Tinggi bunga bangkai bisa mencapai 3 meter.

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Bunga bangkai merupakan tumbuhan khas dataran rendah yang tumbuh di daerah beriklim tropis dan subtropis mulai dari kawasan Afrika Barat hingga Kepulauan Pasifik termasuk Indonesia. Bunga bangkai ini merupakan tumbuhan dari gen Amorphophallus dan anggota famili dari araceae (talas-talasan). Jenis bunga bangkai (Amorphophallus) yang paling dikenal adalah bunga bangkai raksasa atau suweg raksasa atau titan arum yang mempunyai nama latin Amorphophallus titanum dan Amorphophallus gigas atau Sumatera Giant Amorphophallus.

Baca : Awar-Awar, Tumbuhan Liar Penangkal Bakteri

Bunga ini disebut bunga bangkai karena mengeluarkan bau yang busuk dan memiliki warna mirip bangkai yang membusuk. Amorphophallus mempunyai 2 fase dalam hidupnya yang berlangsung secara bergantian. Fase yang dimaksud adalah fase vegetatif dan fase generatif. Fase vegetatifnya seperti umbi bunga bangkai tumbuh batang tunggal dan daun yang mirip daun pepaya. Lalu batang dan daun menjadi layu menyisakan umbi di dalam tanah. Jika keadaan memungkinkan maka fase vegetatif akan disusul oleh fase generatif yaitu munculnya bunga majemuk yang menggantikan batang dan daun yang layu tadi. Fase tersebut akan berulang terus menerus. Pada fase generatif inilah bunga bangkai mengeluarkan bau busuk yang menyengat saat mekarnya bunga. Bau busuk tersebut untuk menarik perhatian lalat dan serangga lain untuk membantu penyerbukan. Jika terjadi pembuahan maka terbentuklah buah-buah berwarna merah dengan biji pada bagian bekas pangkal bunga. Lalu akan masuk lagi ke fase vegetatif.

3.Aseroe rubra

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan ini masih masuk dalam kelompok jamur. Aseroe rubra disebut juga sea anemone mushroom atau jamur anemon laut. Bentuknya seperti lingkaran yang mempunyai cabang di beberapa sudut. Inti jamur ini berwarna merah tua sedangkan cabangnya berwarna pink pucat. Setiap cabang mempunyai 2 tangan dengan ukuran yang sama besar.

4.Baobab

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Baobab adalah tumbuhan asli di daerah Afrika, Australia, dan Madagaskar. Pohon satu ini disebut pohon botol karena bentuknya yang seperti botol dan menyimpan hingga 300 liter air. Baobab juga bisa tumbuh hingga 500 tahun. Tumbuhan ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit ringan dan serius. Pohon ini memiliki buah yang disebut buah baobab atau dikenal juga dengan monkey bread. Buah ini sangat bermanfaat untuk kesehatan ataupun pengobatan. Beberapa negara sudah menggunakan buah ini dalam pengobatan karena baobab termasuk ke dalam jajaran ‘Superfruit’.

5.Buddha’s Hand

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Nama latin buddha’s hand adalah Citrus medica varietas. Tumbuhan unik ini merupakan buah asli Cina yang masih masuk dalam famili jeruk. Buah ini bisa dimakan. Bentuknya seperti jari-jari panjang yang berhimpitan dengan warna kuning yang segar. Di Cina dan Jepang, jeruk ini sangat populer karena mempunyai aroma yang kuat.

6.Chinese Fleeceflower

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan unik ini hidup di Shandong, Cina ini mempunyai keunikan tersendiri. Bagi beberapa orang, keunikan tumbuhan ini adalah keunikan yang mengerikan. Akarnya membentuk figur manusia lengkap dengan kepala, tangan, kaki, wajah hingga alat kelamin. Di Cina, orang-orang menggunakan tumbuhan ini dalam pengobatan tradisional untuk kesehatan ginjal, tulang kuat, pencahar ringan atau restorasi rambut.

7.Chlatrus columnatus

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan ini merupakan sebuah jamur berbentuk tentakel gurita yang melengkung kaku. Chlatrus columnatus mendapat julukan Octopus stinkhorn. Jamur ini mengeluarkan bau busuk yang mengundang lalat untuk menghinggapinya. Lalat dan jamur ini menerapkan simbiosis mutualisme karena saling menguntungkan. Lalat mendapat makanan dari jamur dan jamur terbantu dalam menyebarkan spora.

8.Cleistocatus straussi

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Salah besar jika Anda mengira keunikan tumbuhan ini terletak pada durinya karena yang unik dari tumbuhan ini adalah habitatnya. Tumbuhan ini hidup di puncak pegunungan Bolivia dan Argentina bersuhu -10ᵒC. Cleistocatus straussi disebut juga Silver Torch Cactus. Secara fisik, tumbuhan ini tidak ada bedanya dengan kaktus pada umumnya. Batang kaktus ini tumbuh tunggal dengan selimut duri. Pada batangnya ada semacam tanduk yang muncul dengan warna merah yang mencolok.

9.Crassula ovata

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan ini disebut juga Coral Jade karena masih termasuk bangsa Jade plant yang sering juga digunakan sebagai tanaman hias. Coral Jade termasuk tumbuhan sekulen yang sering dimiripkan dengan cacing parasit. Bentuk tumbuhan ini kecil bulat memanjang dengan ujung sedikit membesar yang terkadang membuat geli. Tumbuhan ini tidak memerlukan banyak air atau sinar matahari.

10.Dionaea muscipula

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan ini merupakan tanaman karnivora yang paling terkenal karena aktivitas dan efisiensinya dalam menangkap mangsa. Dionaea muscipula disebut juga tanaman venus (fly trap). Yang unik dari tumbuhan ini adalah pasangan daun yang digunakan sebagai perangkap serangga-serangga kecil. Pasangan daun ini mempunyai rambut yang ultrasensitif sehingga dapat merasakan ada hewan atau serangga kecil yang datang. Serangga atau hewan kecil yang tertangkap oleh tumbuhan ini bukan sebagai sumber energi melainkan hanya sebagai sumber nutrisi. Untuk sumber energi, tumbuhan ini sama halnya dengan tumbuhan lain yaitu dengan proses fortosintesis.

11.Desmodium gyrans

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Para ahli botani menyebut tumbuhan ini Desmodium gyrans atau Codariocalyx motorius. Nama lain tumbuhan ini yang biasa dikenal adalah rumput menari (dancing grass) atau tanaman semaphore (semaphore plant) karena gerakan daunnya yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tumbuhan ini cepat sekali tumbuh karena hanya membutuhkan air dan cahaya matahari saja tanpa harus diberi pupuk.

12.Dracaena cinnabari

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Pohon ini merupakan tumbuhan asli Kepulauan Socotra. Dracaena cinnabari ini dikenal dengan pohon darah naga atau pohon naga socotra. Sebutan tersebut karena warna getah dari pohon ini yang berwarna merah. Getah pohon ini bermanfaat untuk pengobatan dan sering digunakan sebagai pewarna merah alami. Keunikan pohon ini terletak pada bentuknya yang menyerupai payung.

Baca : 5 Tumbuhan Kaya Manfaat Yang Bisa Kamu Makan Di Hutan Saat Tersesat

13.Drakaea glyptodon

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan ini dinamakan Hammer Orchid. Ia termasuk golongan anggrek yang mulai langka keberadaannya. Anggrek ini tidak seperti anggrek pada umumnya yang mempunyai bentuk yang cantik. Tumbuhan ini mempunyai bunga yang berwarna hitam berbulu halus. Bentuknya seperti kepala palu. Bentuk bunga tersebut untuk menipu tawon jantan supaya tertarik dan sebagai cara adaptasi untuk bertahan hidup.

14.Euphorbia obesa

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Tumbuhan unik ini bentuknya seperti bola baseball maka dari itu kadang disebut dengan tanaman baseball. Euphorbia obesa merupakan tumbuhan endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Bentuknya yang lucu membuat banyak orang mengambil tumbuhan ini untuk dikoleksi sehingga populasinya semakin berkurang. Oleh karena itu tumbuhan ini dilindungi oleh Afrika Selatan. Tumbuhan ini bersifat dioceus atau berumah dua yang artinya terdapat dua jenis bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina yang terpisah.

Untuk menambah pengetahuanmu, hadiri acara yang diadakan oleh Indonesian Research Institute for Biotechnology and Bioindustry dengan judul :

INTERNATIONAL BIOTECHNOLOGY CONFERENCE ON ESTATE CROPS

Pada tanggal 18-20 Oktober 2017 di Nusa Dua , Bali

CP Details :

Indonesian Research Institute for Biotechnology and Bioindustry

Jl. Taman Kencana No. 1 Bogor 16128

Phone: +62 251 832 4048 / +62 251 832744

Firda (+62 856-3598-442)

Haryo (+62 812-8971-7767)

Email: info@ibcec.net.

Info lebih lanjut, silahkan klik : ibcec.net atau iribb.org

Mau dapat Harga Spesial? klik  :  LabSatu.com

28 Macam Tumbuhan Unik Di Dunia (Bagian 1)

Baca Juga :

Sabut Kelapa Menjadi Solusi Untuk Atasi Ancaman Gagal Panen
Menumbuhkan ‘Jantung Manusia’ pada Bayam
Tardigrada Adalah Hewan Paling Tangguh