Terbaru

10 Sumber Nutrisi Otak Terbaik untuk Anak-Anak

Sumber Nutrisi Otak Terbaik untuk  Anak-Anak

Ingin si kecil menjadi yang terbaik di sekolah? Perhatikan asupan gizinya dengan baik. Beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu meningkatkan pertumbuhan otak anak sekaligus meningkatkan fungsi otak, ingatan, dan konsentrasi.

Menurut Bethany Thayer, MS, RD, ahli gizi dan juru bicara Detroit untuk American Dietetic Association (ADA), otak adalah organ yang mudah lapar dan organ yang pertama menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan. Dalam masa pertumbuhannya, anak-anak membutuhkan banyak jenis nutrisi, tetapi 10 makanan super ini merupakan sumber nutrisi terbaik untuk anak-anak yang dapat membantu anak-anak menjadi yang terbaik di sekolahnya.

Salmon

Ikan berlemak seperti salmon kaya akan asam lemak omega-3 DHA dan EPA yang sangat baik  untuk pertumbuhan dan fungsi otak, kata Andrea Giancoli, MPH, RD, ahli gizi Los Angeles dan juru bicara ADA. Bahkan, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa orang-orang yang mendapatkan lebih banyak asam lemak ini dalam makanan mereka memiliki pikiran yang lebih tajam dan melakukan lebih baik pada tes keterampilan mental.

Tuna merupakan sumber protein tanpa lemak yang baik,  namun kandungan omega-3 tidak sebanyak salmon kaleng. Selain itu, tuna “putih” albacore memiliki lebih banyak merkuri daripada tuna kalengan, sehingga EPA menyarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 6 ons tuna albacore setiap minggu.

salmon

Telur

Telur dikenal sebagai sumber protein yang bagus – tetapi kuning telur juga dikemas dengan kolin, yang membantu perkembangan memori.

telur

Selai Kacang

Kacang tanah dan selai kacang adalah sumber yang baik dari vitamin E, antioksidan kuat yang melindungi membran saraf, ditambah thiamin untuk membantu otak dan sistem syaraf menggunakan glukosa untuk energi,” kata Giancoli.

selai kacang

Biji-bijian Utuh

Otak membutuhkan pasokan glukosa yang konstan dan biji-bijian utuh menyediakan dalam sekop. Serat membantu mengatur pelepasan glukosa ke dalam tubuh, Giancoli menjelaskan. Biji-bijian utuh juga memiliki vitamin B, yang menyehatkan sistem saraf yang sehat.

biji-bijian utuh

 

Oat

Oat adalah salah satu sereal panas yang paling dikenal untuk anak-anak dan biji-bijian untuk otak  yang sangat bergizi, kata Sarah Krieger, MPH, RD, LD / N, konsultan St. Petersburg, Fla., Dan juru bicara ADA. Oat menyediakan energi atau bahan bakar yang sangat baik untuk otak anak-anak membutuhkan hal pertama di pagi hari.

Sarat yang terkandung di dalam oat menjaga otak anak-anak diberi makan sepanjang pagi di sekolah. Oat juga merupakan sumber vitamin E, vitamin B, potasium, dan seng yang baik -yang membuat tubuh dan otak berfungsi dengan optimal.

oat

Berri

Stroberi, ceri, blueberry, blackberry. Secara umum, semakin kuat warnanya, semakin banyak nutrisi pada buah,” kata Krieger. Buah beri mengandung antioksidan tingkat tinggi, terutama vitamin C, yang dapat membantu mencegah kanker.

Penelitian telah menunjukkan peningkatan memori dengan ekstrak blueberry dan stroberi. Tapi makan yang asli untuk mendapatkan paket yang lebih bergizi,” kata Krieger. Benih dari buah juga merupakan sumber lemak omega-3 yang baik .

buah beri

 

Kacang

Kacang memiliki energi dari protein dan karbohidrat kompleks dan serat ditambah banyak vitamin dan mineral, kata Krieger. Kacang merupakan makanan otak yang sangat baik karena kacang dapat menstabilkan asupan energi dan tingkat berpikir anak di puncak sepanjang sore jika dikonsumsi pada saat makan siang. Kacang merah dan pinto mengandung lebih banyak asam lemak omega 3 dibandingkan kacang lainnya – khususnya ALA, yang lain dari omega-3 yang penting untuk pertumbuhan dan fungsi otak.

kacang-kacangan

Sayuran Berwarna-warni

Tomat, ubi jalar, labu, wortel, bayam – sayuran dengan kaya, warna yang dalam adalah sumber antioksidan terbaik yang menjaga sel-sel otak tetap kuat dan sehat, kata Thayer.

sayur-sayuran

 

Susu dan Yogurt

Susu mengandung protein dan vitamin B yang penting untuk pertumbuhan jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim. Susu dan yogurt juga memberikan sumber energi yang lebih besar dengan protein dan karbohidrat kata Thayer.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa anak-anak dan remaja membutuhkan 10 kali lebih banyak dosis yang dianjurkan vitamin D – vitamin yang bermanfaat bagi sistem neuromuskular dan siklus hidup sel manusia secara keseluruhan. Makan lebih banyak produk susu: Susu rendah lemak daripada sereal – dan jus yang diperkaya kalsium dan vitamin D – adalah cara mudah untuk mendapatkan nutrisi penting ini.

susu dan yoghurt

 

Daging Tanpa Lemak

Besi adalah mineral penting yang membantu anak-anak tetap berenergi dan berkonsentrasi di sekolah. Daging sapi tanpa lemak adalah salah satu sumber zat besi terbaik yang diserap. Bahkan, hanya 1 ons per hari telah terbukti membantu tubuh menyerap zat besi dari sumber lain. Daging sapi juga mengandung seng, yang membantu meningkatkan daya ingat.

Untuk vegetarian, kacang hitam dan burger kedelai adalah pilihan tanpa daging kaya zat besi. Kacang merupakan sumber penting zat besi nonheme – sejenis zat besi yang membutuhkan vitamin C untuk diserap. Makanlah tomat, paprika merah, jus jeruk, stroberi, dan “Cs” lainnya dengan kacang untuk mendapatkan zat besi yang paling banyak.

daging

 

Baca Juga :

Makanan Terbaik dan Terburuk untuk Orang dengan Kulit Berjerawat

Makanan Ini Dapat Membantu Tetap Waspada Selama Perjalanan Panjang

7 Makanan Ini Mampu Membuat Tubuh Terhidrasi Selama Berpuasa !

10 Makanan Yang Membuat Kita Tetap Berenergi dan Terhidrasi Selama Berpuasa

Banner